Pages - Menu

Pages - Menu

Pages

Saturday, June 11, 2016

Keluarga Selamanya

Saat ini, kita tiba di penghujung perjalanan "Mengejar S.KPm". Rasanya baru kemarin aku berada di dalam kelas besar berisi sekitar 70 orang mahasiswa dari 2 jurusan yang berbeda namun tetap satu fakultas. 

Rasanya baru kemarin aku dan kamu berada dalam satu kelompok membuat sebuah drama atau film pendek atau makalah atau bahan diskusi atau juga slide presentasi dari semua mata kuliah yang kita dapat. Rasanya baru kemarin aku dan kamu berada dalam satu rumah di sebuah desa selama 3 hari 2 malam setiap satu semester sekali. Rasanya baru kemarin aku dan kamu ada di sekitar perpustakaan Fema hingga larut malam demi menyelesaikan tugas akhir dari sebuah mata kuliah. Rasanya baru kemarin aku dan kamu belajar bersama menjelang ujian tiba. Rasanya baru kemarin aku sibuk mengumpulkan dan menganalisis jurnal serta buku-buku berbau sosial, mempersiapkan kolokium, menguji kuesioner, mengambil lalu mengolah data, menyusun skripsi dengan banyak revisi, merasakan sensasi sidang yang luar biasa, mengurus surat kelulusan hingga menyelesaikan pendaftaran wisuda. Semua itu aku lakukan bersamamu.

Awalnya, Aku pikir interaksi dan komunikasi kita cukup sampai di sini saja. Toh kita sudah saling kenal, kita sudah bisa bekerja sama menyelesaikan tugas dengan baik dan pada akhirnya kita akan berpisah dan punya kehidupan masing-masing. Orang-orang yang kita temui saat ini hanya akan lewat dan akan terganti dengan orang-orang baru setiap harinya. Selesai. Cerita kita selesai sampai di sini jika pikiran itu tetap ada. Hal ini akan jadi penyesalan suatu hari nanti karena masa kuliah hanya dijadikan sebagai salah satu pos pertemuan dan perpisahan tanpa meninggalkan kesan dan kenangan indah. Tapi, bersama kalian, kisah ini tidak berhenti sesederhana itu. Ada yang berbeda.

Hari demi hari kulewati bersama kalian hingga akhirnya aku sampai pada titik dimana aku sadar bahwa kenyamanan itu tergantung pada makna keberadaan orang lain dalam hidup kita. Keberadaan kalian penuh makna dan aku nyaman berada di dekat kalian, 30 pria dan 123 wanita.

Kalian memberikan warna. Orang-orang cerdas yang selalu punya hal untuk dijadikan hiburan. Ingat Rame, Rabu Meme? Terima kasih karena telah mengajarkanku bagaimana kita tertawa bersama.

Kalian yang tidak pernah kehabisan akal untuk menyatukan kita semua. Ingat Di Balik Layar? Terima kasih telah memahamkan padaku bahwa solidaritas itu tidak dibuat dan tidak direncanakan melainkan tumbuh secara alami dari kedekatan hati yang kita jalin bersama.

Beruntung. Aku benar-benar merasa beruntung karena berhasil merasakan makna keberadaan kalian di hati. Tepat di hati. Hingga akupun lupa berapa kali aku memasang wajah muram, menangis, kesal, sakit, lelah hingga tertidur di depan kalian. Sungguh, bersama kalian, aku tak perlu sulit mengatur diri demi mendapat citra baik karena aku tau kalian menerimaku dengan segala kekuranganku. Terima kasih banyak.

Pada akhirnya, malam itu Sabtu, 28 Mei 2016, hilang semua prasangka buruk, kejengkelan dan kekesalan yang pernah muncul di antara kita. Hilang semua sekat yang pernah membatasi kita. Hilang semua jarak yang pernah merenggangkan kita. Pada malam itu, terasa semakin tulus hati ini memohon sekaligus memberikan maaf. Menyadari dan mengakui bahwa kita bukan hanya teman sejurusan yang bertemu dalam satu kelas, bekerja sama untuk mengerjakan tugas kelompok. Tapi, kita benar-benar sebuah keluarga. Tempat saling bertukar cerita, semangat, berbagi suka dan duka. SKPM49, kita keluarga selamanya.

Sekali lagi aku ucapkan, "Hani sayang kalian".






Dariku yang selalu merasa beruntung ketika mengingat kalian.
Bogor, 10 Juni 2016 23.09 WIB
HANI GUNADI



7 comments:

  1. Haniiiiii ... love you too ♡

    ReplyDelete
  2. Alay lu. Buat baper mulu! #KeluargaSelamanya:))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spoiler mulu nih komenannya, lagi khidmat nih pagi-pagi.
      Dasar j*****! Wkwkwk
      Piknik gih :D

      Delete
  3. ♡♡♡ semoga selamanya kita jadi keluarga yaaa. Aamiin aamiin

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete